Senin, 24 Agustus 2009

Menjalankan file MP3 di opensuse 11.1

Musik atau dengerin lagu merupakan teman saat kita sendiri, sebagian orang sudah menganggapnya sebagai suatu kebutuhan :D

menjalankan file MP3 di linux tidak segampang saat kita menjalankannya di windows, kalo di windows begitu OS tersebut terinstall plus winamp (yang merupakan pemutar musik yang familiar), maka kita sudah bisa menikmati musik-musik dengan file MP3.

Lain halnya di linux, waktu itu saya nginstall opensuse 11.1, begitu selesai terinstall, saya langsung installkan Amarok (pemutar musik di linux), ketika mau mendengarkan musik yang filenya bertipe MP3 maka tidak bisa dieksekusi. Wah gawat memang....

Maka kuputuskan untuk berpetualang di google..., tapi pertualangan tersebut tidak membuahkan hasil, akhirnya saya dapat informasi bahwa majalah infolinux yang terbit bulan itu membahas opensuse, kuputuskan membeli majalah tersebut, alhasil memang majalah tersebut disertakan CD EXTRA opensuse 11.1 yang berisi pake-paket opensuse, di situpun kudapatkan informasi bahwa plugin untuk MP3 dan DAT sudah disertakan dalam CD EXTRA tersebut.

Langkah-langkahnya :

saya lebih suka bekerja di konsole (login sebagai root)

1.saya copy file EXTRA dari CD ke direktory home/”nama user”
2.saya buat file repository local dari file tersebut dengan cara saya ketikkan zypper ar /home/”nama user”/EXTRA/ repo-local
3.setelah tercipta repository local dengan nama repo-local, maka saya refresh zypper refresh
4.kemudian saya cari file gstreamer zypper se gstreamer maka muncul semua paket gstreamer
5. saya ketikkan saja zypper in gstreamer-0_10*, maka paket-paket yang berawalan gstreamer akan terinstall semua, dan secara otomatis plugin yang dibutuhkan untuk memutar MP3 sudah terinstall
6.saya install juga w32codec-all, zypper in w32codec-all (paket ini dibutuhkan dalam memutar file tipe DAT, MP3, dll)
7.saya installkan xmms, xfce4-panel-plugins-xmms, dan xmms-lib
8.zypper in xfce4-panel-plugin-xmms xmms xmms-lib (install xmms)
9.setelah itu saya reboot
10.habis ribut saya jalankan xmms dan cari file MP3, yup sudah bisa dijalankan, akhirnya saya bisa juga mendengarkan musik, :D
11.saya coba dengan amarok juga sudah berhasil :D (dance)
12.untuk nonton film installkan saja Xine dan Mplayar (sama dengan cara di atas, tinggal cari filenya dan install, gunakan perintah :
1.zypper se “nama file” ==> mencari file
2.zypper in “nama file” ==> menginstall file

2 komentar:

  1. boleh infonya tapi sayang klo ga disertai file yang dibutuhkan sama aja.....
    klo bisa di kasi file-nya biar orang lain yang butuh juga bisa donlod.....
    so bisa seneng-seneng bareng deeeehhh......

    BalasHapus
  2. untuk filex ke linknya aja opensuse :-D http://software.opensuse.org/112/en

    BalasHapus