Jumat, 30 Oktober 2009

iseng-iseng berhasil

iseng-iseng berhasil

Sewaktu saya nginstall opensuse 11.1 di Notebook Compaq CQ40-321TU (iseng-iseng installkan linux di laptopnya sepupu tanpa sepengetahuan yang punya, karena penasaran dengan laptop teman yang tidak terdeteksi wireless dan soundnya dengan tipe laptop yang sama Compaq CQ40-321TU dengan wirelesscard menggunakan broadcom bcm4321 dan sound onboard intel ICH9). Setelah selesai diinstall maka saya mendapatkan bencana besar, (doh) betul memang wireless dan soundnya tidak terdeteksi..., wah.., bagaimana nih. Akhirnya saya putuskan cari di internet dengan menggunakan om google :D (wets andalan), sayapun mengunjungi blok Mas Vavai (http://vavai.com), Mas Bonny (http://bonni.opensuse-id.org), dan Mas Edwin Zakaria (http://medwinz.blogsome.com), dan. Setelah lama mencari akhirnya dapat juga di http://blok.BambuKuning.com Setting untuk Wireless Karena koneksi internet memakai WIFI belum bisa maka koneksi internet sementara memakai jalur modem (kebetulan ada modem huawei e220 langsung terdeteksi di opensuse 11.1 menggunakan IM3, walaupun sangat lambat).

pertama coba kita update dahulu repository dari oss untuk mendapatkan paket-paket: kernel-source, kernel-syms, module-init-tools. Masuk ke konsole dan jalankan sebagai root ketikkan “zypper ar http://mirror1.opensuse.or.id/distribution/11.1/repo/oss/ oss” tanpa tanda petik (selanjutnya saya akan tetap menulis perintah seperti itu dengan huruf miring dan tanda petik) setelah itu ketikkan zypper in kernel-source kernel-syms module-init-tools”, untuk modole-init-tools biasanya sdh terinstall

Setelah selesai menambahkan paket yang diperlukan, Build RPM dari source rpm yang didownload dari http://packman.links2linux.org/package/broadcom-wl. Masuk ke direktori tempat menyimpan file hasil download. Lebih enak lewat konsole. Jalankan perintah berikut di direktori tempat menyimpan hasil file download: “rpmbuild --rebuild broadcom-wl--.src.rpm” (contoh => rpmbuild --rebuild broadcom-wl-5.10.91.9-6.pm.13.src.rpm) Setelah proses pembuatan file rpm yang sesuai dengan kernel maka file hasil rebuild akan diletakkan di /usr/src/package/RPMS/i586 File RPM yang dihasilkan adalah file untuk kernel yang dipakai oleh notebook, kalo pake kernel default maka install yang default, kalo pake kernel pae maka install yang pae. Untuk mengetahui kita pake kernelyang mana,maka dikonsole ketikkan “uname -r”. Instalasi file rpm tersebut. (dikonsole sebagai root ketikkan: “rpm -ivh /usr/src/package/RPMS/i586/broadcom-wl--.rpm”. Habis instalasi file RPM maka komputer di reboot setelah direboot Insya Allah wirelessnya sudah terdeteksi, mau menjalankan dengan menggunakan NetworkManager atau manual di konsole dengan metode ifup Akhirnya bisa facebook dan ngeplurk lagi....:D (dance)
mohon maaf untuk soundnya belum ditemukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar